[SMALL TALKS] Jerawat?

6:13 PM

Hai hai. Ini judulnya "small talks" tapi kayaknya aku bakal celometan panjang lebar deh. Nggak papa ya? Ikhlas kan ya baca sampe habis? :3



Oke, jadi kali ini aku akan membahas soal jerawat. Yap, jerawat. Soalnya banyak banget yang nanya ke aku soal gimana ngilangin jerawat, ilangin bekas jerawat, pake produk apa yang cocok, dll. Nah makanya aku bahas disini ya?

First of all, aku bukan dermatologist atau dokter kulit atau ahli kecantikan

Jadi, jujur aja aku nggak tau gimana cara yang benar menghilangkan jerawat sampai tuntas. Tapi, disini aku mau sharing aja mengenai apa yang aku lakukan saat jerawat menghampiri. Mukaku nggak mulus loh, jerawatku juga datang dan pergi. Malah sekarang aku lagi jerawatan karena breakout.

lihat nih kutil baru aku~

Gimana ya, memang takdirnya kulitku ini oily dan acne prone. Kalo gara-gara kosmetik, aku jerawatan di sekitar hidung, kalo parah sampe pipi juga. Kalo gara2 mau mens, biasanya di deket mulut...pipi. Kalo aku lagi stress, kurang tidur, nggak punya uang, biasanya bruntusan di jidat.

Biasanya kalo jerawatan aku baru semakin rajin merawat muka. Biasanya malas malasan, maklum ya aku ini cuma mahasiswa biasa yang kadang suka kelayapan seharian kemudian tidur tanpa cuci muka~ 

Cara super cepat menghilangkan jerawat dan bekasnya itu menurutku......nggak ada. Yakali sulapan. Popmie aja nunggu 3 menit dulu baru bisa dimakan. Semua butuh waktu.

Tapi, ini aku share ya yang aku lakukan waktu jerawatan. Semoga membantu mencegah, mengurangi, mempercepat sembuhnya jerawat.

List produk yang aku pakai:
  1. Sabun Cuci Muka: Produk apa aja yang aku pakai? Aku nggak pakai sabun mahal kok, aku pakai Facial Wash Acnes, sama pernah juga pakai SkinLife facial foam. Dua duanya di aku cocok dan mengurangi jerawatku.
  2. Pelembab: Acnes Cream Oil Control & Whitening Itu aku pakainya pagi, sore, sama malem kalo mau tidur.
  3. Toner: SkinLife Acne Lotion pakainya di tepuk-tepuk aja setelah cuci muka, keringkan, terus di tepuk tepuk pake toner baru serum, terus pelembab.
  4. Serum: Clinique smart-custom repair serum, sama aku lagi nyobain sample size-nya Kose Moisture Engage. Dan dua-duanya bikin mukaku fabulous~ :))
  5. Salep: Aku pakai Mediklin TR. Aku beli di apotik. Ini nggak aku pakai sering-sering karena ini obat keras. Cuma kalau jerawat lagi meradang banget, baru aku pakai. Selama masih bisa ditoleransi ya nggak aku pakai....
Nah, itu produk-produk pabrikan yang aku pakai. Mereka semua membantu kulitku jadi lebih baik, daripada sebelum-sebelumnya waktu aku masih awam dan pakai krim gak jelas

Selain pake produk pabrikan, aku seringin juga pakai masker/scrub yang aku bikin sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga semua ada di dapur. Tapi ini selera juga sih, aku suka kalo maskeran putih telur, komedo lebih mudah terangkat. Tapi ada orang-orang yang nggak suka bau putih telur, yaaa.... jangan protes ke aku kalo kamu nggak suka baunya :((

DIY skincare yang aku pakai:
  • Coffee Egg Mask---> ini rasanya sama kayak pake Aztec Clay Mask, cuma bedanya dia nggak sakit dan lebih mudah dibersihkan. Ini senjata andalan kalo aku lagi breakout, atau komedo lagi numpuk kayak cucian anak kosan. 
  • Tumeric Mask ---> Ini sebenernya cuma perawatan aja sih biar mencegah jerawat. Harusnya di rutinin, tapi aku yah gitu deh angot-angotan. Tapi serius deh, kalo kalian mau ngilangin bekas jerawat, rutin aja pakai masker ini. 
  • Salt Scrub ---> Kalo salt scrub ini bisa dipake buat badan juga, bisa buat ilangin jerawat punggung. Dan lebih praktis, karena bisa dipakai sambil mandi. Nggak perlu lama-lama kayak pakai coffee egg mask. Tapi aku sarankan jangan dipakai setiap hari, mending yah 2-3 hari sekali lah. 
  • Toner Lemon ---> Iya, perih dikit. Ah dikit doang, nggak sesakit pas lagi facial toh? Tapi efeknya langsung terasa. Pakainya malem aja, waktu mau tidur seminggu sekali aja.
  • Peel off egg mask ---> Cuma butuh tisu, dan putih telur. Caranya, putih telur dioleskan di wajah, terus tempel tisu di wajah, kemudian tumpukin lagi pakai putih telur. Tunggu sampai kering, kelupas deh.... 

Yang aku rasakan, keadaan kulit kita itu sebenernya juga tergantung dari pola hidup kita sih. Kalo pas aku lagi rajin olahraga dan pola hidup sehat, kulitku entah kenapa jadi lembab bersih dan nggak jerawatan. Tapi, ketika aku lagi stress, kurang tidur, banyak tugas, makan nggak dijaga, kelayapan sampe malam, mukaku jadi kusam, berminyak, buluk, jerawatan :( 

Nggak percaya? Mau bukti?


Aku sudah pernah membahas soal ini dipostku beberapa bulan yang lalu. Post how to get a better skin. Itu beneran, aku ngubah pola hidupku selama sebulan dan hasilnya di kulit ternyata signifikan bedanya. Gimana kalo diterapkan sampai bulan bulan berikutnya, setahun, dan tahun tahun berikutnya? Apakah aku akan menyaingi Beyonce?

Jangan remehkan hal hal kecil kayak tidur, makanan, asupan air, dll. Semua mempengaruhi. Termasuk mempengaruhi suasana hati. Eh ini beneran loh... kala itu aku jadi lebih sabar dan less sarcasm :))

Nah, itu tadi semua yang aku lakukan dan aku pakai untuk menuntaskan jerawatku. Kalau mau coba juga, silahkan. Tapi aku nggak bisa menjamin kalau semuanya juga cocok di kamu. Namanya skincare itu cocok cocokan, sama aja kayak jodoh. Kalo kamu nggak jodoh sama dia, masa kamu nyalahin aku? :(( 

Oh ya, btw aku nggak bisa kena vitamin E. Kalo aku pakai pelembab, sabun muka, atau apapun itu yang mengandung vitamin E, aku mesti langsung breakout. Apakah ada yang bernasib sama?

Semoga bermanfaat, dan kalo mau silahkan komen di bawah skincare apa yang kamu pakai kalau lagi breakout? Siapatau bisa aku contek juga :D




You Might Also Like

4 comments

Subscribe