[SMALL TALKS] Daily Makeup Failed

1:34 AM



Yak kita berjumpa lagi di sesi small talks, dimana kita berbincang soal sesuatu yang terjadi dalam kehidupan. Segmen kali ini kita akan membicarakan soal kesalahan dalam bermakeup. 

*benerin poni*

Dalam kehidupan sehari-hari, namanya juga manusia pasti ada salah termasuk salah dandan. Iya, ini aku bilang salah dandan. Ya nggak salah sih, pengen pake eyeshadow ijo atau lipen ungu, nggak salah. Bebas, terserah aja. Yang salah itu kalo bikin risih mata orang lain hahaha... 

Pasti pernah kan ya, lihat ada temen (atau diri sendiri pas lagi ngaca) terus kamu bilang "OMG mukanya abu-abu" atau "Eh alisku ketebelan astaghfirullah"

Setelah baca post dari Mbak Arum, aku jadi mikir dan ngikik sendiri kaloa ku ternyata juga pernah melakukan kesalahan-kesalahan itu dan orang-orang di sekitarku nggak ada yang bilangin aku. Sedih amet dah. Yang bilangin cuma pacar saya yang terlalu jujur bilang "astaga kamu bedakan model apa sih? abu-abu gitu mukanya!"
modelempar sendal, bang.

Tapi untungnya, semakin kesini saya semakin cantik teredukasi. Selama 2 taun aku memantapkan diri buat jadi beauty blogger, aku jadi belajar dari post blogger-blogger lain dan explore sendiri gimana cara milih foundation yang tepat, apa aja bahan yang  bikin aku breakout, gimana ngerawat kulit, ngeblend eyeshadow, shading, pokoknya lebih baik lah daripada sebelum-sebelumnya.

Dan berikut ini adalah kesalahan-kesalahanku dalam bermakeup yang mungkin juga pernah kalian alami:


1. Foundie/bedak yang terlalu putih


Kalo pas di depan kaca sih, oke. Begitu keluar/kena flash...........(pulangkan sajaaaa aku pada ibuku...)
Sebenernya ini karena aku ngikutin omongan mbak2 BA kosmetik. Mereka bilang kalo pakai foundie yg terang, nanti di tumpukin bedak yang gelap. Atau pake foundie yang gelap, nanti bedaknya yang terang.

ahem.

It doesn't work on my skin!
mungkin bisa untuk kulit orang lain, tapi di aku nggak.
Seriusan kalo kalian kulitnya cenderung gelap kayak aku dan ga mau mukanya abu-abu, dengerin nih ya kata-kataku. Carilah foundation yang warnanya benar-benar sama kayak kulit kalian, entah itu harus berkelana nyolekin foundie 1 toko, atau campur 2 warna foundie buat dapet shade yang tepat. Kemudian pake traslucent powder. DAH. Gitu doang. Totally worth buat makeup sehari-hari karena nggak bikin dosa jutaan umat yang ngerasani kita gara-gara foundie abu-abu.

Terus, kalau beli foundation untuk cocokin shade, jangan colekin di punggung tangan karena punggung tangan sama wajah biasanya lebih terang kulit wajah. Tapi cobain di bagian bawah pipi deket dagu. Dengan gitu kita bisa tau bakal belang sama leher apa nggak. 



2. Too much makeup


Bingung nggak liat mukaku? sama, aku juga bingung. Mau lihat mataku yang bengep, apa mau liat bibirku yang merekah manja. Udah gitu pake foundation ketebelan. Mungkin kalo buat photoshoot ya oke-oke aja lah ya... ntar juga kena digital imaging jadi wajar. Tapi kalo kita seharian kayak gini terus ketemu banyak orang, kebayang nggak berapa orang yang sudah kita bikin nggak konsentrasi?
:))

Pilih salah satu, mau mata apa bibir yang di tonjolin? Kalau mau fokus di mata, usahakan untuk bibir warnanya yang lebih calm. Begitu pula sebaliknya.

Kalo ada dark spots, jangan jahatin foundation buat nutup semuanya. Tapi serahkan kepada concealer. Karena, kebanyakan foundation bikin muka kita kayak itu tuh, foto di atas. 
Udah, buruan di print terus taroh di depan pintu biar anti maling.

setelah saya teredukasi, alhamdulillah...
Aku kan memang sukanya pake lipen yang abang mbranang alias warna-warna bold. Nah, aku cuma pake eyeliner aja buat matanya. Sejauh ini belum ada masyarakat yang komplain , termasuk diriku sendiri.



3. Bentuk eyeliner yang berlebihan & eyeshadow yang tidak di baur

alhamdulillah habis ini telornya menetas...

Astaghfirullahaladzim

First of all, kalo pakai eyeshadow warna warni mbok ya di baur... Itu apaan sumpah. Kayaknya itu aku makeupan sambil pingsan. Risih ga liatnya? Sama. Aku yang punya muka aja rasanya pengen mengulang kembali masa itu dan membaur eyeshadow dengan benar.

Terus, coba kenali bentuk mata masing-masing dan bagaimana cara mengoreksi bentuk mata menggunakan eyeliner. Dan jangan berlebihan dalam mengaplikasikan eyeliner. Maunya bikin cat eyes yang keren, jatuhnya malah kayak pantat tawon.
:(


4. Alis yang terlalu lebar dan nggak di baur

apakah kamu ingin merasakan ketajaman lekuk alis paripurna ini?

Kayak tempelan stiker. Emang sih sekarang lagi jamannya ngalis, kalo nggak ngalis nggak gaul. Usahakan kalo ngalis, senatural mungkin, bagian lekukannya juga dibuat yang smooth, jangan terlalu menukik membentuk sudut siku siku. Dan jangan lupa, pangkalnya di baur ;)



5. Shading yang terlalu tebal


Biasanya yang paling terlihat itu shading hidung. Kalo pipi mungkin nggak terlalu ketara. Kalau shading nggak perlu tebel-tebel, karena nggak bakal terlihat bagus, adanya terlihat fake, dan orang-orang pada nanya kenapa pake eyeshadow di hidung. Ini buat sehari-hari kok, nggak buat photoshooot yang membutuhkan bantuan shading tebal agar terlihat lebih dramatis... Drama percintaan antara aku kamu dan dia, masih belum cukup?



6. Salah shade blush-on


Nggak cuma foundation yang bisa salah shade. Tapi blush on juga. Kalau kulit kamu berwarna coklat kayak aku gini, mendingan cari blush on yang warna2 coral, atau merah sekalian. Nah ini aku maksain pake yang shade pink pucat. Lihat deh hasilnya, kurang enak dilihat kan? Ngganjel gitu rasanya.


7. Concealer yang terlalu tebal


Hah? Masa bisa ada efeknya? Ada. Itu lihat aja deh fotoku. Terus mukaku kayak gitu, aku ngiter2 mall dan aku nggak sadar. Apa-apaan coba :(
Jangan mal-praktek ya, concealer ya gunakan secukupnya, jangan terkalu banyak kayak pakai foundation. Kalo pengen coverage lebih, coba cari foundie yang full coverage, kalo masih ada spot2 yg belum tertutup sempurna, baru aplikasikan concealer.



8. Blush-on terlalu tebal


......kayak habis ditabok genderuwo.
Jangan lupa ya, kalo blush on itu fungsinya biar wajah kita terlihat merona sehat, bukan menderita kayak habis KDRT. Jadi, pakai blush on tipis-tipis aja yang penting terlihat semu-semu manis.

Dan dalam pengaplilasian blush on juga tergantung bentuk wajah kita masing-masing. Gini nih contohnya:






Semoga kita semua terhindar dari kesalahan-kesalahan makeup yang fana ini... Yang sudah terjadi, ya kita perbaiki dan belajar pelan-pelan. Tapi aku nggak pernah menyesali kesalahan-kesalahan ini hahaha.. Bukannya dengan salah dulu, kita jadi tau mana yang bener? :p







cheers,
Dyta 

You Might Also Like

2 comments

Subscribe