5 Produk Make Up Wajib Punya Untuk Pemula

12:49 AM

 
sumber: unsplash
 
Aku berharap sepuluh tahun yang lalu, waktu aku baru belajar make up, ada orang yang mau ngasih tau aku soal ini. Karena dulu aku belajar make up bener-bener otodidak. Aku belajar cuma dari video YouTubenya Michelle Phan. Yang mana saat itu peralatan make up dia udah lumayan banyak. Sedangkan aku yang masih baru jadi mahasiswa? Punya kuas eyeshadow yang bulunya jeprak aja udah bangga banget.

Peralatan make up yang aku punya dulu beneran seadanya, dan hampir setengahnya nggak berguna. Gimana coba, udah seadanya terus nggak berguna pula. Kenapa? Karena aku beli cuma berdasarkan mana yang paling murah! Bukan mana yang paling aku butuhkan & harus dipelajari duluan. Akhirnya? Ya buang-buang uang lah jadinya. Niat buat hemat dengan beli barang yang murah, tapi malah nggak terpakai.

Nah, di post ini aku mau kasih tau kalian-kalian yang pada baru belajar make up, 5 produk make up yang wajib kalian punya dan pelajari duluan sebelum melangkah ke level selanjutnya.


1. Foundation
Foundation adalah kunci dari riasan. Meskipun kamu pake eyeshadow gilap nyempling, kalau foundationmu nggak rata dan shadenya nggak sesuai dengan warna kulit, ya udah bubar jalan aja. Kalian pernah kan, liat orang yang pakai foundation terlalu putih atau terlalu gelap? Bawaannya pengen ghibahin ya kan?
 
Jangan sampai kayak begini!
Aku sarankan kalian bener-bener berinvestasi ke foundation deh. Cari foundation yang sesuai dengan jenis dan warna kulit. Ini butuh waktu (dan dana) yang agak banyak, karena memang harus trial & error. Pelajari juga tentang undertone supaya dapat shade yang sesuai.

        Baca juga: Tips Memilih Foundation

Kalau kalian punya warna kulit yang hampir sama kayak aku (sawo matang yang medium, warm undertone), kalian bisa coba beberapa foundation ini:
- Maybelline Fit Me! Matte + Poreless 228 - Soft Tan
- Make Over Powerstay Weightless Foundation W42 - Warm Sand
- PAC Studio Coverage Liquid Foundation - shade 4



2. Bedak
Fungsi bedak itu supaya foundationmu lebih tahan lama & riasan nggak cepat berminyak atau cracking. Pilih bedak sesuai jenis kulit dan mengikuti jenis foundation ya!
 

Aku lebih suka pakai loose powder yang translucent alias transparan. Kenapa? Karena rata-rata foundationku coveragenya medium to full. Aku nggak mau kelihatan lebih dampul lagi. Jadi, aku pakai yang transparan. Tapi misalnya foundationku terlalu terang atau terlalu gelap, aku suka mengakali dengan pakai bedak yang ada warnanya supaya sesuai dengan warna kulitku.

Kalau lagi nggak pakai foundation, aku suka pakai bedak yang coveragenya agak kenceng. Misalnya pakai bedak two way cake. 


3, Pensil Alis
Penting banget buat belajar bikin alis. Karena alis itu frame wajah kita. Kamu bisa bikin ekspresi dan kesan-kesan berbeda dengan bentuk alis yang berbeda. Misalnya, kalau alisnya ketinggian, bisa kelihatan galak. Kalau alisnya terlalu datar, bisa kelihatan sedih. 
 

Nggak perlu pakai produk alis macam-macam, udah lah pakai pensil alis aja dulu. Belajar ngeframe alis, belajar bikin bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah kita, belajar cari shade yang sesuai, belajar blending alis. Nanti kalau udah expert baru deh beralih ke produk alis lainnya seperti pomade, mascara, brow tint, dll.
 
    Baca juga: Ngalis yuk!

Fun fact! Sejak awal aku belajar ngalis, aku tuh tetap setia loh pakai pensil alis dari Just Miss hahahahah... Meskipun aku punya produk alis yang lainnya, tapi tetep aku harus nyetok pensil alis Just Miss. Insecure aja aku tuh kalau nggak ada pensil alis yang itu.

4. Eyeliner
Phew, the hardest. Jujur aja menurutku belajar pakai eyeliner itu yang paling challenging. Fungsi pakai eyeliner adalah untuk menegaskan dan mengoreksi bentuk mata. Kamu bebas pakai eyeliner merk apapun dan jenisnya apa, Tapi, latihan supaya tangan nggak tremor dan nggak kecolok ke bola mata, itu bener-bener menegangkan. 
 

Dulu waktu aku belajar pakai eyeliner pertamakalinya, eyelinernya masuk ke bola mata & putih-putih di mataku jadi item. Horor abis. Belajar dari kesalahan, aku menyarankan kalian mendingan pakai eyeliner yang bentuknya pen. Karena lebih stabil dan minim kecelakaan. 
 


5. Lipstick
Sentuhan paling akhir, dan yang paling bikin kelihatan dandan adalah lipstick. Kalau boleh aku saranin, setidaknya punya 2 warna lipstik deh. Satu yang bold, satu yang nude. Karena dengan 2 warna itu aja sebenernya kamu udah bisa explore. Bisa dipakai masing-masing, atau bisa dicampur, bisa dibuat ombre, bisa dibuat overdrawn lips. 

 
Selain itu, lipstick juga multifungsi. Kamu bisa pakai sedikit di pipi lalu di blend sebagai blush on.
 

==
Nah itu tadi 5 produk make up yang wajib dimiliki dan dipelajari untuk pemula. Take your time, nggak perlu terlalu bernafsu buat punya semua produk. Eh ya nggak apa-apa sih selama dananya ada. Tapi kalau kamu berdana terbatas seperti saya, lebih baik kuasai beberapa produk dulu baru deh ke jenjang selanjutnya dan mulai koleksi-koleksi make up lutju.

Kamu boleh nonton videoku dibawah ini kalau nggak puas baca tulisan doang.



Selamat belajar make up, good luck!

You Might Also Like

2 comments

Subscribe