[SMALL TALKS] Makeup Replika

7:14 AM

Halo, gimana? Udah join giveawayku belum? Join yuk kalo belum.Oh ya, btw makasih buat temen-temen yang udah ngasih masukan buat blog ini. Aku berpikir buat ngerombak blog, karena aku sendiri juga mulai bosan sama templatenya haha... Aku juga pingin bikin logo yang pasti biar lebih enak kalau ngasih watermark di foto.

Akhirnya, sesi SMALL TALKS ada lagi. yeeeeyyy! Btw kamu sadar nggak kalau ada sesi baru di blog ini, yaitu "belajar dandan". Silahkan klik di sidebar ya buat artikel-artikel yang berkenaan dengan belajar dandan. 


Di sesi Small Talks hari ini, aku mau bahas soal MAKEUP REPLIKA atau MAKEUP KW alias MAKEUP PALSU. Oke ya? Kamu mungkin familiar dengan kalimat ini:
MAU CANTIK NGGAK HARUS MAHAL
NAKED BLUSH ON HARGA 45RB!!
HANYA DI @inipalsulol_shop @inipalsulol_shop
Atau kayak gini:
          NIH KABAR GEMBIRA BUAT LADIES YANG NGGAK SANGGUP
          NGELUARIN DUIT 800RB UNTUK BELI NAKED PALETTE!
          SUDAH ADA NAKED REPLIKA YANG MIRIIIIP BANGET SAMA ASLINYA
          CUMA 150RB!! YUK ORDER!

Dan masih banyak lagi. Oh ya, disini aku mau bahas makeup replika aja ya, bukan makeup yg dilarang edar atau krim-krim gak jelas itu. Nanti bakal aku bahas di post yang terpisah. 

Aku yakin, beberapa dari kamu yang baca tulisanku ini, ada yang pernah pakai kosmetik replika entah karena tertipu, atau karena memang sengaja beli dengan berbagai alasan. Tujuan postku ini adalah, supaya kamu nggak lagi tertipu, dan nggak lagi pakai kosmetik replika itu (untuk yang dengan sengaja/terlanjur pakai). Buruan buang deh.

Kenapa? Aku bikin bikin ala-ala Q&A aja ya biar lebih gampang.

Makeup replika/kw itu apa?
Makeup replika/kw itu, produk yang meniru/memalsukan dari yang seharusnya berwenang untuk memproduksi. Intinya, produk ini JELAS ILEGAL.  

Apa bedanya sama dupe?
Jelas beda. Kalau dupe itu, produk dari merek legal yang berbeda, tapi memiliki kemiripan warna atau tekstur.

contoh dupe


Biasanya kosmetik replika itu beredar dimana?
Dimana-mana. Bisa online, kebanyakan di instagram/FB/atau lapak-lapak jual beli online. Bisa juga offline, bahkan di toko grosir kosmetikpun ada yang palsu. Jadi pastikan kalau kamu beli produk yang asli.

Apa yang membuat kosmetik replika berbahaya?
Kosmetik replika itu ilegal. Nggak ada yg bertanggung jawab kalau terjadi sesuatu sama kulitmu. Kebanyakan mereka nggak mencantumkan siapa produsennya. Selain itu, kamu juga nggak tau bahan apa aja yang mereka masukkan ke kosmetik itu. Ini beberapa bahan yang biasanya dimasukkan ke kosmetik replika/palsu:
  • Merkuri/air raksa
  • Hidrokinon
  • Asam retinoat
  • Pewarna merah K.3 (CI 15585), merah K.10 (Rhodamin B), Jingga K.1 (CI 12075)
Emang bahayanya apa buat kita?
Efek yang langsung terlihat itu biasanya gatal, iritasi, alergi, jerawat, bercak hitam, sensitif sama sinar matahari.

Gimana kalau udah terlanjur beli?
Buang. Tapi rusakin dulu packagingnya.

Tapi aku pakai baik-baik aja kok, nggak gatal/jerawatan
Ya, mungkin untuk sebagian orang efek secara langsung seperti iritasi, alergi, jerawat, bercak hitam, nggak terlihat. Tapi untuk jangka panjang, akan menyebabkan kerusakan permanen pada otak, kerusakan kulit, kerusakan susunan saraf, gangguan perkembangan janin dalam rahim, dan kanker.

Apa hubungannya ini kosmetik ditempel di muka kok bisa jadi kanker? Gangguan janin?
Bahan-bahan berbahaya itu tadi diserap oleh tubuh melalui permukaan kulit, kemudian dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh. Belum lagi kalau kamu pakai lipstik replika, pasti tertelan barengan pas kamu makan.

Apa semua penjual kosmetik replika itu bohong kalau produk yang mereka jual palsu?
Nggak. Nggak semua seller itu bohong. Walaupun banyak seller yang menjebak (atau mungkin mereka sendiri juga nggak tau), tapi juga banyak seller yang mengakui kalau produk yang mereka jual itu replika. Jadi kamu sendiri yang memutuskan untuk beli atau nggak.

Gimana caranya membedakan sama yang asli?
Hmmm.. agak susah sebenernya. Kalo menurutku sih, buat membedakan mana yang asli atau palsu, kamu harus tau dulu yang asli. Minimal pernah pegang/pernah colek. Kamu pasti lebih bisa memperhatikan detailnya, kayak segelnya yang asli gimana, kemasannya, aroma yang asli gimana.

beda NYX SMLC asli (atas) dan palsu (bawah)



Kalau buat yang belum pernah, gimana caranya biar tau itu produk asli atau nggak?
Persiapkan dulu kalau kamu mau beli. Selain siap-siap uang, kamu searching dulu soal produk yang mau kamu beli. Cari di website resmi produknya, atau kamu cari reviewnya.

Misal kamu kepingin nih SMLC-nya NYX, nah kamu liat di websitenya itu kira-kira harganya berapa. Jadi kalau kamu beli online/toko kosmetik grosir, harganya nggak bakal jauh-jauh dari harga aslinya. Atau kalau mau aman, langsung beli di counternya aja.

Terus, pastikan kamu selalu cek nomor registrasi BPOM nya beneran asli apa nggak. Mau kamu beli di konter, beli online, atau di grosir kosmetik. Kamu bisa cek di www.pom.go.id

contoh nomor registrasi BPOM di lipstik Just Miss 


Tapi Dyt beberapa seller itu sewot kalau ditanyai asli apa nggak :(
Menanyakan produk asli/nggak itu hak pembeli. Dan nanya nomor BPOM (terutama buat yg beli online) itu menurutku hal yang wajar. Asalkan kamu nanyanya sopan, nggak nuduh kayak "palsu nggak nih? awas ya kalau palsu. ntar jangan2 palsu lagi" dan dia belum pernah menyatakan bahwa produknya asli dengan menyertakan bukti-bukti, menurutku gapapa sih nanya.

Kalo kamu udah sopan tapi dia tetep sewot, mungkin dia lelah kebanyakan orderan. Kamu mah apa cuma pembeli doang, cuma beli satu aja nanyanya macam macam  #nyinyir

Tapi gimana ya... makeup replika itu menggiurkan sih, murah banget dapet warna banyak. Apalah budgetku ini cuma budget pelajar....
Hey banyak banget loh produk yang legal dan aman dengan harga terjangkau. Nggak usah gengsi sama merek. Merek lokalan sini juga banyak yang kualitasnya bagus banget, nggak kalah sama makeup luaran. Coba kamu buka itu blog Racunnya mbak Arum. Banyak referensi makeup dengan harga terjangkau.


======

Nah jadi, buat kamu yang udah terlanjur pakai.... buang. Nggak usah sayang sama uang yang kemarin kamu pakai buat beli. Uang yang kamu keluarin buat palette palsu itu cuma 150ribu, nggak ada apa-apanya dibanding resiko kamu kena kanker dan mungkin akan menghabiskan dana lebih dari 1 milyar.

Kesehatanmu jauh lebih penting, sayang.

Cie...berasa diperhatiin nggak mblo?

Pokoknya, jangan tergiur harga murah. Jujur aja, kita kalau beli apa-apa selalu milih yang lebih murah kan? Kayaknya itu normal, insting cewek. Apalagi kalau ada embel-embel diskon dll.

Aku nih, kronis banget soal peritungan sebenernya. Sampai mikir kalau aku beli (misal) bedak silkygirl ke Matahari, aku harus bayar parkir 6rb. Ditambah jajan, duit bensin, dll. Terus aku bandingin sama kalau aku beli ke toko kosmetik deket kampus, bayar parkir cuma 2rb.

Atau pas aku beli lipen wet n wild, itu kan belinya ada di SPI yg 29 km dari rumahku. Aku mikir bensin kesana PP, parkir, jajan, dan akhirnya pembelian berikutnya aku lebih milih order online soalnya ongkirnya seharga parkirnya dan aku ga perlu capek-capek kesana.

Please do research kalau mau beli. Setauku, kalau lagi ada diskon besar-besaran itu pasti diumumin lewat akun resmi merek tersebut deh. Misal Maybelline di guardian diskon 40% gitu ya, pasti diumumin kok di akun resminya Maybelline. Kalaupun misal ada onlineshop yang kasih diskon, paling dikasih 10-20% aja. Atau kalau yang anjlok banget murahnya, biasanya barangnya itu cacat pas pengiriman (misal eyeshadow retak) jadi didiskon gede-gedean biar nggak rugi.

Jadi mustahil kalau tiba-tiba ada lipstik matte NYX 1 lusin 120rb. Lah orang satuannya aja 90rb. Belum lagi paling parah, lipstik Revlon 150rb dapat 24 warna. Yaampun, Revlon super lustrous itu satuannya aja cuma 38rb. Tega banget gitu ya sampe dipalsu juga. Udah jelas kan nggak masuk akal?

Nah, gitu aja ya obrolan kita hari ini. Semoga nggak ada yang tersesat. Nonton videoku juga ya. Aku nunjukin makeup replika yang aku punya.




Mau nanya nanya apa lagi? Boleeeeh... silahkan komen di bawah ya!


You Might Also Like

19 comments

Subscribe