Cerita hamil trisemester pertama & Ngidam

2:40 AM


Kehamilan di trisemester pertamaku dipenuhi dengan anxiety baik aku ataupun suami. Mungkin bisa dipahami ya karena ini kehamilan pertama, dan kami berdua memang nggak berpengalaman sama sekali menghadapi keluarga yang lagi hamil. Intinya kami berdua bener-bener blank lah.

Semuanya serba takut. Plus aku juga mabok nggak karuan. Hampir semua makanan yang biasa aku suka aku udah nggak bisa makan karena nggak tahan sama aromanya. Dipaksain makan pun pada akhirnya aku muntahin lagi. Isinya tiap hari itu aku nangis melulu karena nggak bisa makan, karena badan nggak enak, nggak bisa tidur, atau nangisin hal-hal nggak masuk akal kayak mimpi nggak sengaja nendang kucing. Bangun-bangun aku bisa nangis sesegukan.

Suami? Jangan ditanya. Dia juga panik. Bingung harus gimana karena aku responnya cuma mewek atau merintih-ritih nggak jelas. Aku ngeluh dikit dia langsung "mau cek ke dokter? Ayo aku anter ke dokter sekarang!"

Belum lagi drama aku muntah-muntah & susah makan itu juga bikin dia khawatir. Takut nanti si baby nggak berkembang, takut nutrisinya nggak tercukupi, di sisi lain juga induknya nggak bisa dipaksa karena emang segitu stressnya aku nggak bisa makan.

Ya bayangin aja, aku ini foodies. Aku suka makan. Terus aku sekarang nggak bisa nyium bau makanan. Ngerti kan seberapa tersiksanya aku?

Aku cuma bisa makan makanan yang plain, yang nggak berbau. Misalnya sayur bayam, tempe goreng (yang cuma digoreng tepung atau digaremin doang), tahu putih rebus, sup sayur, bakso yang nggak banyak lemak...

makan siangku for like...hampir tiap hari
Makanya sekalinya aku pengen makan sesuatu, suamiku langsung berusaha nyariin biar aku bisa makan. Terima kasih suamiku...

Pernah nih pas lagi jam istirahat kantor, aku yang dari pagi udah muntah & nggak bisa makan kecuali pisang & susu hamil ngechat suami, "Sayang aku pengen makan tahu putih". Bayangin aja beli dimana tahu putih di SCBD??? Suamiku langsung keliling beberapa kantin di SCBD demi nyariin aku tahu putih. Tapi sayangnya nggak dapet.

Terus aku baru inget kalau ada orang dagang siomay di Grand Lucky SCBD. Harusnya ada tahu putih dong? Ya udah deh aku jalan ke sana sekalian aku beli susu hamil. Alhamdulillah ada! Aku beneran cuma beli tahu putih 4 biji sampe si abang-abangnya bingung.

Kira-kira gini percakapan pas aku beli:

Aku : "Saya mau tahu putihnya aja ya, empat."
Abang : "Siomay, kentang dll nggak pakai kak?"
Aku : "Iya, saya mau tahu putih aja."
Abang : "Pakai sambal kak? Bumbu kacang dicampur?"
Aku : "Nggak usah. Polosan aja, tahu putih itu aja."
Abang : "Beneran kak?"
Aku : "Iyaaaa...!"

wkwk..

Pernah juga aku malam-malam kebangun terus secara random pengeeeen banget makan nasi sama bumbu sate. Untung di depan kosan ada orang jual sate yang lumayan enak, ngebakarnya juga bener (matang & nggak ada gosong-gosongnya). Akhirnya suamiku turun beliin aku sate. Aku cuma makan satenya 3 tusuk itupun aku nggak makan lemak/kulitnya. Tapi aku lahap banget makan nasi sama bumbu sate sampe aku korek-korek. 

Dan yang paling random adalah... pengen beli arbanat (rambut nenek) tapi maunya beli ke orangnya yang jualan di dalam kaleng, jalan kaki, dan bawa biola ngikngok. Mampus gak? Sampe sekarang nggak kesampaian sih, sebagai gantinya sama suami dibeliin rambut nenek di kantin pas dia makan siang. Euforianya beda (jelas!), aku lebih pengen beli langsung ke bapak-bapak jalan kaki itu. Tapi suamiku udah effort beliin jadi ya udah aku senang-senang aja.

ini loh, aku pengen beli ke bapak-bapak ini (Source : wikipedia)

Awal-awal hamil sampe kira-kira 11 weeks aku nempel mulu sama suami. Kalo dia nggak ada, aku mewek kayak ditinggal perang. Kutempelin melulu. Aku suka wangi badannya, malah bikin aku kalem & nggak mual. 

Tapiiii masuk 12 weeks sampe 14 weeks, aku KESEL banget kalau suami tidur di sebelahku. Jadi kalau aku masih bangun, nggak apa-apa dia tidur di sebelahku, ngobrol dll itu aku biasa aja. Malah cenderung aku clingy meluk-meluk cium-cium. Tapi kalau aku udah tidur terus tiba-tiba kebangun dan nyadar dia tidur di sebelahku, aku risih parah! 

Aku nggak suka kesentuh, nggak mau denger suara nafasnya, nggak suka suhu badannya. Sebel. Sampe suka kutendang-tendang kakinya biar dia minggir sampe ujung kasur. Ntar pas udah pagi, aku udah 100% sadar, aku baru deh merasa bersalah. Kenapa juga aku jahat tendang-tendangin dia. Dia pasti juga capek, boboknya pasti  nggak nyenyak aku sebelin. Baru deh aku peluk-peluk lagi. Blame the hormone!

===

Yaaa kira-kira itu sih yang aku rasain di kehamilan trisemester pertama. Oh iya, di usia 12 weeks aku sempat USG 4D buat screening kemungkinan down syndrome. Nanti aku tulis di blog post lain karena bakal panjang banget.

Sekarang aku masuk usia 16 weeks, baby bump mulai kelihatan & gemes-gemes sendiri liat perut buncit isi bayi.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe