Dimasakin Dyta: Sambal Goreng Hati Ayam

9:22 PM

Hai. Kayaknya aku mau mengalihkan blogku dari yang full beauty blog jadi hmm...blog kehidupan? Habisnya aku juga pengen nulis banyak hal di luar beauty. Karena aku sekarang nggak cuma berhadapan sama make up doang, tapi juga kehidupan rumah tangga. dapuran, dan kantoran. Pengen gitu loh aku sharing di blog juga.

Baiklah, akan kumulai dengan sharing soal masak-masakan ya! Aku tuh nggak jago masak, aku masak cuma survival mode sebagai anak kos aja. Aku harap semoga resep-resep yang aku share bermanfaat dan bisa membantu kalian para anak kos dan ibu-ibu newbie sepertiku untuk memasak.

===

resep-sambal-goreng-ati-ayam-mudah
Sambel Goreng Ati

Aku doyan banget sambal goreng hati. Salah satu yang paling kutunggu-tunggu kalau dapat nasi kotak. Problemnya adalah, rata-rata sambal goreng itu beneran sambal alias puedes. Mungkin buat orang lain nggak pedes, tapi buatku yang lidahnya cemen, ya mati rasa.

Suatu ketika, teman kantorku dibawain bekal sama ARTnya sambal goreng hati. Dan itu rasanya enak banget! Plus nggak pedes. Karena lihat aku doyan, temanku jadi sering bawa buat sharing sama aku. Aku terharu banget. Sampe rasanya aku semangat ngantor cuma buat sarapan sambal goreng buatan ART temanku.

Kemarin aku cuti untuk menjadi manusia tidak berguna. Aku beneran pengen leha-leha aja gitu di hari Senin. Tapi rasanya ada yang kurang tanpa adanya sambal goreng hati buat sarapan. Akhirnya aku buka cookpad, aku cari resepnya. Aku nekat bikin sendiri.

Bahan:
  • 5 hati ayam
  • 2 buah kentang, potong dadu
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 butir kemiri
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 sdm fiber creme, larutkan dengan 150 ml air
  • Garam, gula, penyedap rasa (aku pakai totole rasa ayam)
  • Minyak untuk menggoreng

resep-sambal-goreng-ati-ayam-mudah

Cara Membuat
  1. Rebus hati ayam dengan garam & 1 lembar daun salam. Kalau sudah matang, angkat & potong-potong dadu
  2. Kentang yang sudah dipotong dadu, goreng jangan terlalu kering.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, cabe merah.
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus tadi sampai wangi. Masukkan 2 daun salam, 2 daun jeruk, dan sereh, aduk-aduk.
  5. Masukkan fiber creme yang sudah dilarutkan dengan 150 ml air. Masak sebentar sampai mendidih.
  6. Masukkan kentang & hati ayam
  7. Masukkan galam, gula, penyedap rasa
  8. Masak sampai air meresap, cek rasa. 
  9. Kalau udah sesuai, matikan api. Angkat & sajikan.
===

Ternyata untuk ukuran perempuan noob macam aku ini, adalah suatu kebanggaan saat berhasil masak sambal goreng ati. Mungkin yang bikin ribet adalah ngupas kentang wkwkwk.. Karena aku bloon, ngupas kentang berantakan. Motongin kentang juga nggak presisi.

Oh iya, aku juga nggak pakai blender buat ngehalusin bumbunya karena memang nggak punya. Sebenernya bisa sih diulek gitu. Tapi aku lemah dan tak berdaya, ngulek malah jibret ke mana-mana Jadilah aku pakai chopper manual. Udah kayak lagi narik mesin potong rumput di dapur padahal lagi "ngeblender" bumbu. Maaf mbak & mas kos yang terpaksa melihat perilaku absurdku di dapur.

resep-sambal-goreng-ati-ayam-mudah
Endol. Husband approved!

Ini resep anti gagal & anak kost friendly ya
, karena sudah dibuktikan oleh saya. Yang kemampuan di dapurnya medium to low. Kalau kamu suka pedes ya tinggal pakai rawit & cabe keriting di bumbu halusnya. Kalau kamu nggak suka pedes kayak aku, ya ikutin aja resepku. 

Porsi 1 resep ini bisa buat 2x makan untuk 2 orang. Lumayan lah ya buat seharian. 

Kenapa nggak pakai santan? Karena hati ayam sudah cukup jahat, dan itu nggak ada replacementnya karena hati ayam adalah bintang di masakan ini. Jadi aku mengganti kejahatan lainnya (santan) dengan yang lebih aman (fiber creme). Jadi semoga nggak jahat-jahat banget wkwk.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe