DIY Masker Ketan Hitam

10:17 PM

Hai semuanya! 

Mumpung weekend, aku mau share ke kalian DIY Masker Ketah Hitam. Semoga nggak pada bosan sama DIY skincare projectku ya ^^


Ketan hitam sejak jaman dulu sudah terkenal sebagai resep tradisional perawatan kecantikan wanita Kalimantan. Tekstur ketan hitam yang pekat, dapat menggantikan sel-sel kulit mati dengan kulit baru yang lebih halus dan lembut.

Selain itu, ketan hitam juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kulit kita. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari ketan hitam:
  • Mengangkat sel-sel kulit mati dan memberi nutrisi alami pada kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Meregenerasi kulit
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Melancarkan peredaran darah
  • Anti-inflamasi atau mencegah peradangan pada kulit
  • Mencegah jerawat
Udah segambreng gitu manfaatnya.

Sebenarnya, masker ketan hitam ini bisa hanya menggunakan ketan hitam yang dihaluskan aja. Tapi, aku pengen manfaat yang labih, jadi aku tambahkan bahan-bahan lain. 



BAHAN YANG DIBUTUHKAN:


  • Segenggam ketan hitam. Sebenernya nggak aku timbang sih, aku cuma kira-kira aja. Tapi segenggam itu udah cukup banyak buat bikin masker. Bisa sampai 4x pemakaian
  • 2 kantong teh celup. Kenapa aku pilih teh celup? Karena aku butuh bubuk teh isinya, nah isi teh celup kan udah halus tuh. 
  • 1 sdt bubuk kayu manis.



CARA MEMBUAT


Setelah di cuci bersih, rendam beras ketan hitam di air hangat selama 1 jam. Oh ya, nanti air bekas rendamannya jangan di buang. Bisa dibuat cuci muka atau dibuat toner. Aku pakai airnya buat toner sebelum tidur, bagus banget buat oil control & muka lebih lembab.




Setelah itu, tiriskan beras ketan hitam. Disangrai sampai kering, terus di tumbuk. Bisa juga pake blender. Sesukanya aja sih... Karena aku nggak telaten numbuk dan malah dimarahi ibu gara-gara berasnya loncat kemana-mana, jadi aku blender aja. 





Karena kalo teksturnya masih kayak tadi, bakal kasar di kulit... mendingan di ayak lagi biar dapet tekstur yang lebih halus. Setelah itu, simpan di tempat yang kering dan kedap udara (di botol, apa di tempat makan tupperware)



CARA PEMAKAIAN:
  1. Ambil 1 sdm masker, larutkan dengan 2-3 sdm air hangat, biarkan agak dingin
  2. Basahi wajah, kemudian aplikasikan masker. Pengalaman kalo langsung dipakaikan di wajah kering, maskernya nggak mau nempel, rontok2 mulu.
  3. Diamkan 20-30 menit
  4. Bilas wajah dengan air biasa




Kenapa tadi aku campurkan teh dan kayu manis?
Karena, kayu manis membantu meredakan peradangan pada jerawat, memudarkan bekas jerawat, dan meningkatkan kolagen pada kulit. Sedangkan teh juga mengandung anti oksidan, sebagai tabir surya alami, sebagai penyegar kulit dan membantu mengurangi lingkar gelap dibawah mata.

Masker ini cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Bisa juga digunakan sebagai lulur badan.

Yang aku rasakan waktu pakai masker ini, kulit bener-bener lembab rasanya. Mukaku juga jadi berkurang minyakannya. Dan wanginya, ya wangi ketan campur teh :))

Sakit nggak pas dibersihkan? Samasekali enggak. Malah pas kena air, jadinya licin.



Cobain juga yuk!^^




You Might Also Like

3 comments

Subscribe