Gimana sih cara bikin blog?

5:49 PM

Mari kita hidupkan sesi #SmallTalks, yang aku ngebahas soal apapun di sesi ini. Nggak sering sering kok, cuma sebulan sekali. Jadi, post kali ini nggak beauty related nggak apa apa ya? Jangan marah ya?

Jadi gini, aku lumayan sering sih ditanyain soal ini. "Gimana caranya bikin blog?"


Sebenernya di luaran sana banyak kok tutorial bikin blog. Mau pakai blogger, worpress, dan platform lainnya. Tapi ya udahlah ya alhamdulillah masih ada yang mau nanya sama aku, jadi aku bikinin post buat kamu yang belum punya blog, tapi pengen bikin blog, dan nggak tau caranya. Sini sini tak kasih tau. 

Disini aku cuma ngasih tau cara bikin di blogger.com ya! Karena aku juga pakainya blogger.com. 

Oke, kalau gitu langsung aja.

Yang pertama, kamu niatin dulu deh kamu ini mau bikin blog soal apa? Soal beauty? Soal fashion? lifestyle? Puisi? Kuliner? Art? Dan sebagainya. Spesifikkan dulu, biar nggak bingung. Karena sesungguhnya blog yang lebih jelas temanya itu lebih enak dilihat. 

Yang kedua, buka blogger.com!
Pastikan kalau kamu sudah punya email google. Ya kayak aditayantiprasetyo@gmail.com gitu lah... Sebenernya pakai email lain juga nggak apa-apa, tapi biar nggak bingung mending pakai email google aja. 

Belum punya? Registrasi dong... bisa kan?

Kemudian, ikuti step dibawah ini!


Setelah kamu registrasi email google, terus masuk ke blogger.com, akan muncul tampilan seperti di atas. Nah, kamu langsung aja klik lanjutkan ke blogger.



Nah, selanjutnya akan muncul tampilan seperti di atas. Kamu tinggal klik blog baru.



Setelahnya, akan muncul beberapa hal yang harus kamu isi sebelum kamu membuat blog. Diantaranya:
  • Judul. Disini kamu harus isi judul blogmu apa. Bebas kok. Contoh di atas aku buat blog baru yang judulnya "Blog Dyta". Kalo blog ini ya jelas sih judulnya Beauty Doodle
  • Alamat blog. Disini kamu isi kamu pengennya alamat blogmu apa? Nggak harus sama kok sama judul blog. Misal judul blogku Blog Dyta, terus alamatnya dytabalabala.blogspot.com ya nggak apa-apa. Tapi menurutku lebih enak kalau judul dan alamat blognya sama, biar orang lebih enak nyari blogmu.
  • Template. Disini kamu pilih kira-kira kamu pengen tampilan blogmu seperti apa. Nggak usah khawatir salah pilih, karena bisa di ubah kok nanti. Contoh di atas aku pilih template kelembutan.
kelembutan coy. wkwk

Kalau kamu sudah isi semua, klik buat blog!




Tampilan di atas adalah dashboard blog kamu. Tempat kamu bisa melakukan segala hal mulai bikin post, utak-atik template, sortir komen, lihat jumlah pengunjung blogmu, dan lain lain.

Untuk membuat post baru, langsung klik Entri Baru.


Habis itu ya udah deh bikin post baru. Yaa.. pokoknya kamu tulis aja sesuai dengan tema blogmu. Mau nulis review makeup, atau apapun deh asal bertanggung jawab dengan apa yang kamu tulis. Cielah. 

Ini contoh post pertamaku di beauty doodle. Memang hina dan sok bahagia tapi ya sudahlah..... :">



Kalau sudah, tinggal post deh! Tampilan di atas adalah tampilan blog percontohanku setelah aku ngepost sesuatu.

Selamaaat sekarang kamu sudah jadi blogger!

Udah to? Ngampang kan? Yaelah.

Kalau kamu kesal sama tampilan blog kayak blog percontohan di atas, kamu bisa ganti template lain. Bisa kamu utak atik warnanya di bagian template. Atau kalau malas, kamu bisa download template free.

Ini referensi free template blog yang imut-imut : Blogger Candy
Ini referensi free template blog yang clean : Mooi

contoh blog setelah diubah templatenya

Itu template di atas aku pakai dari bloggercandy.

Cara installnya juga sangat jelas sekali kok. Udah ada penjelasannya disana. Jadi jangan malas malas buat baca ya. Kalo nggak ngerti bahasa inggris, bisa di drag, copy terus di paste di translate.google.com

Kalau templateku ini, aku custom sih.. Soalnya aku nggak suka blog yang cute gitu. Aku lebih suka blog yang clean. Ini aku bikinnya di Nindy. Tapi bayar lo ya. Jangan minta gratisan. Dislepet sama keset nanti. :))

Gimana? Gampang kan bikin blog? Aku belum bisa ngasih tips-tips blogging sih, soalnya aku juga sering malas-malasan ngeblog, sewot gara-gara foto jelek, bikin post setengah jalan terus dibiarin di draft berjuta-juta tahun, ngambek gara-gara produk yang dipakai ternyata nggak cocok, dll. Balada blogger baper.

Oke deh, gitu aja small talks yang kayaknya nggak penting tapi ya mungkin aja penting buat sebagian orang ini. Aku kasih bonus fotoku yang nyoba korean look. This is my first time! Dan aku serem sama mukaku sendiri karena sok innocent.

Ya Allah maaf

OMG why....

Silahkan komen di bawah ya! Next Small Talks, pengen aku bahas soal apa?


You Might Also Like

5 comments

Subscribe