Mengatasi GTM Pertama Kala

8:26 PM

mengatasi-anak-GTM

Awalnya kupikir Kala (anakku) adalah anak yang mau-mau aja dikasih makan apapun. Selama sebulan pertama MPASI aku kasih bubur fortifikasi ataupun aku bikinin MPASI Homemade juga dia habis-habis aja. Makanya aku nggak relate tuh sama postingan ibu-ibu yang pusing anaknya GTM. Bersyukur banget lah aku karena anakku lancar aja makannya.

Tapi ternyata aku salah. Di usia 7 bulanan tiba-tiba Kala nggak mau makan. Setiap waktunya makan dia selalu nangis. Dia cuma excited pas waktunya snack itu juga cuma pudding. 

Akupun merasakan rasanya anak ngamuk nggak mau makan, dan paniknya begitu tau kurva BB dia mulai landai. Rasanya sedih, bingung, pengen marah. Aku jadi bisa paham kenapa banyak ibu-ibu yang marah sambil maksa nyuapin anaknya. Karena memang sefrustasi itu.

Setelah curhat sana sini, akhirnya aku melakukan beberapa trik kalau Kala GTM dan masih ampuh sampai sekarang.

1. Ganti menu

Kadang dia bosen aja sama makanannya. Kalau seminggu itu aku sering kasih MPASI homemade, ya aku ganti deh sama yang fortifikasi. Kita juga gitu kan? Bosen sama masakan rumah, kadang pengen makan mi instan atau makan di luar. Bayi juga sama.

mengatasi-anak-GTM
"Menu special hari ini apa?"

Bisa juga bikin menu sesuai cuaca. Kalau lagi mendung, hujan, aku bikin sup atau mi rebus buat dia. Kalau pagi cerah ceria, aku bikinin omelet telur. Siang-siang aku kasih makan soto gitu misalnya. Ya gitu lah, kita juga punya mood untuk makanan tertentu di cuaca tertentu kan?

Atau kadang kalau aku udah males mikir, aku tambahin abon kek.. tambahin crackers kek. Apapun lah yang menambah tekstur atau rasa makanan. 

2. Kasih cemilan yang mengenyangkan

Ada kalanya nih dia nggak mau makan apa-apa atau makan tapi cuma beberapa suap. Mungkin lagi nggak mood makan berat atau gimana, nggak tau lah. Kita juga kadang males makan tanpa sebab gak sih?

mengatasi-anak-GTM
Bolu kukus kacang hijau

Nah, pas snack timenya dia kukasih snack yang mengenyangkan. Misalnya bolu kukus kacang hijau, atau lontong isi, atau perkedel kentang daging, dll dibandingkan ngasih snack pudding, buah, atau biskuit. Aku tanyakan ke diri sendiri sih, kalo lagi males makan biasanya aku pengen ngemil apa yang kenyang? Itu deh yang aku bikin buat Kala, tapi versi bayi.

3. Tetap strict sama jam makan

mengatasi-anak-GTM

Feeding rules aku nggak berubah. Pertama, makan harus duduk di kursi makan. Nggak ada makan sambil digendong atau sambil main-main di lantai. Karena nanti kebiasaan & anak juga nggak fokus makannya. 

Kedua, ada jam makan. Ini jam makan Kala:

  • Jam 8 Pagi - Sarapan
  • Jam 10 pagi - Snack / minum susu
  • Jam 12 siang - Makan siang
  • Jam 3 sore - Snack 
  • Jam 6 sore - Makan malam

Kalau diantara jam itu misal dia nggak mau makan jam 8 pagi, ya udah dia nggak akan kukasih makan lagi sampe jam 10. Biar dia bisa ngerasain lapar dan di jam berikutnya dia mau habisin makanannya.

4. Ganti peralatan makannya

Kala tuh udah mulai hafal alat makannya. Pokoknya sendok kecil, mangkok kecil warna-warni, itu pasti punya dia. Kalau lagi GTM dan dia lihat itu alat makannya dikeluarin, beh... langsung ngamuk. Yang sendok ditampol lah, yang makanan diusepin ke muka-kepala sambil nangis.. *sigh*

mengatasi-anak-GTM

Tapi begitu lihat aku makan eh dia langsung heboh. Seringnya nih dia mau makan makanan yang ada di piringku. Oke deh kalau gitu, kita akali saja ya. Kalau dia lagi drama gini, aku langsung ganti peralatan makan dia pakai peralatan makan dewasa. 

Padahal ya isinya sama aja, tapi entah kenapa begitu itu makanan ditaroh di wadah makan dewasa dia langsung mau makan dong. Yaelah bayi. Mungkin berasa keren ya, kayak udah gede.

===

Itulah beberapa hal yang aku lakukan kalau Kala lagi GTM. Ini masih GTM pertama ya, karena Kala masih usia dibawah 1 tahun. Masih ada drama GTM selanjutnya. Belum lagi kalau nanti dia sudah bisa ngomong, bisa request nggak mau ini nggak mau itu, atau mau minta satu makanan spesifik yang mungkin bikin Ibu sakit kepala.

Aku masih jauh dari kata Ibu yang sempurna, pengetahuanku juga masih terbatas jadi aku masih terus belajar. Tapi mungkin dengan post ini bisa membantu ibu-ibu lain yang spaneng anaknya GTM. 

Semoga kita semua diberi kesabaran yang luas dan rejeki yang melimpah. Aamiin... Semangat mommies!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe