USG 4D Gratis di RSAB Harapan Kita

7:53 AM


"Gimana sih rasanya hamil?" pertanyaan yang selalu dilontarkan suamiku hampir setiap hari.

Hmm... gimana ya? Jujur aja rasanya aneh. Aku jadi susah makan, sensitif sama bau-bauan, emosi naik turun, setiap malam tidur nggak nyaman. Kadang-kadang sih berasa ya ada sesuatu di dalam perut yang rasanya nggak nyeri kayak mens, tapi lebih ke... ngeganjel if that makes sense lol.

"Takut nggak?"

Takut! Takut banget! Aku takut kalau janinku  nggak berkembang, aku takut kalau nutrisinya nggak tercukupi, aku takut kalau (amit-amit) dia cacat... Selama hamil aku baru 2x USG. Yang pertama baru kelihatan kantong & saluran makannya, kedua lihat janin yang mirip dinosaurus.

Aku semakin insecure karena aku susah makan, setiap makanan yang masuk 75% aku muntahin lagi. Berat badanku nggak naik. Perutku juga nggak kelihatan agak buncit atau gimana. Setiap hari aku cek, apakah ada pendarahan atau nggak. Takut banget kalau amit-amit miscarriage :(

Mendekati jadwal check up bulan ke 3, aku dapat info tuh dari seorang temen blogger kalau lagi ada program USG 4D Gratis di RS Harapan Kita, dengan syarat usia kehamilan 11-13 minggu Aku cari tau apa manfaatnya USG 4D di trisemester pertama kehamilan. Karena selama ini aku taunya kalau USG 4D itu orang-orang kayak cuma mau liat muka si dedenya lebih jelas aja (lol judgmental), dan dilakukan di usia kehamilan diatas 7 bulan.

Ternyata USG 4D di usia 11-13 weeks itu buat ngelihat detak jantung janin, fungsi hati, ginjal, apakah ada kemungkinan cacat & down syndrome pada janin, dan gangguan kehamilan lainnya. Wow, bermanfaat juga ya! Apalagi USG 4D itu mahaaaal... jadi lumayan juga kalau dapat gratis. 

Akhirnya aku daftar lah, dan aku datang pas usia kehamilanku 12 weeks.

sumber: Instagram Janin_sehat
Syaratnya beneran cuma usia kehamilan 11-13 weeks, udah. Datang nggak bawa apa-apa. Aku datang ke sana pagi, sekitar jam setengah 9an dengan harapan nggak terlalu banyak orang yang antri.

Begitu sampai disana, langsung ambil nomor antrian, tulis nama sesuai kehadiran plus isi formulir data diri. Terus dicek seleksi apakah usia kehamilan beneran 11-13 weeks pakai USG biasa. Kalau lolos seleksi, nanti dipanggil lagi untuk diukur tekanan darah dan ambil sample darah untuk diagnosa kemungkinan preeklamsia.

Setelah itu baru deh dipanggil untuk USG 4D

Hello baby...

Aku amazed, legaaaaa banget begitu denger detak jantungnya si baby. Terus sama dokter forecastnya dilihatin bentukannya si baby. Wow... I'm growing human! Tiny little human lagi sembunyi nutupin mukanya.... (mendadak mewek) Dalam hati cuma ngucap syukur banyak-banyak. Ketakutanku kalau si baby nggak berkembang sudah terobati.

Karena ini gratis ya sodara-sodara, jadi nggak dicetak foto USGnya. Cuma difoto-fotoin yang banyak aja layarnya sama bapaknya si bocah. Lucu deh kalo aku liat lagi fotonya, dari kepalanya doang aku langsung feeling wah.... ini sih bakal cetakan bapaknya banget. Itu jidat udah bapaknya banget hahahha.

Setelahnya dokter forecast menjelaskan kalau hamilnya sehat, babynya juga sehat, kemungkinan down syndrome kecil, dan dikasih tau jenis kelamin baby-nya. Terus aku ditanya-tanya soal apakah ada riwayat keluarga yang tiba-tiba tekanan darahnya melonjak waktu lagi hamil kah? Apakah aku ada penyakit kayak hipertensi, jantung, paru-paru, dll? 

Terus dokternya nawarin buat mau nggak di usia kehamilan sekitar 23-25 weeks bisa balik lagi ke sana buat USG lagi dan dikasih hasil sample darah yang tadi. Masih gratis juga. Oh ya jelas mau dong aku kan ibu-ibu demen gratisan. Haha...

Asli sih aku lega banget habis USG 4D ini. Dan seneng banget begitu tau si baby cowok! Sebenernya, apapun jenis kelaminnya mau cewek atau cowok aku tetap senang sih. Yang terpenting si baby sehat, tumbuh nomal, nggak kurang satupun, dan kehamilanku juga sehat.

Sebenernya program USG gratis ini masih bisa sampai akhir tahun 2020. Tapi sayangnya karena lagi pandemi Corona, info terakhir yang aku dapat program ini dipostpone sampai keadaan kembali kondusif. Padahal sekarang usia kehamilanku sudah 24 weeks, aku pengen USG yang kedua.

Semoga cepat berakhir deh wabah ini :(

You Might Also Like

0 comments

Subscribe