Ramadhan Menu @ Gastromaquia Jakarta

3:28 AM

Alhamdulillah yaaaa buibuuu... habis ini kita akan memasuki bulan Ramadhan lagi. Alhamdulillah masih dipertemukan lagi sama bulan Ramadhan taun ini. Taun ini adalah taun kedua aku Ramadhan sendirian tanpa sanak saudara dan juga keluarga. Paling sama calon kepala keluarga *ehem*

Moment paling bahagia pas Ramadhan itu kalau buat aku adalah bukber alias buka bersama. Serius deh, mendadak pas Ramadhan semua perkumpulan kita di masa lalu tiba-tiba ngadain buka bersama. Ini hal yang positif buat aku, karena menyambung kembali silaturahmi. Temen yang entah kemana, entah bagaimana kabarnya, bisa ngumpul lagi walaupun setahun sekali. Nggak usah di keluhin, bikin seneng aja. Siapa tau kan, ketemu kecengan jaman dulu dan dia masih single, boleh lah digebet lagi. Istilahnya CLBK alias cinta lama belum kelar.

Buat aku nih yang bikin rempong pas mau bukber adalah nentuin dimana lokasi bukbernya. Karena jaman now nggak cukup cuma di lokasi yang makanannya murah atau enak doang. Tapi lokasinya juga harus instagramable karena pasti pada insta story selama acara berlangsung dan ditutup dengan julid foto bersama. Benar? 

ramadhan-gastromaquia
Interior Gastromaquia Jakarta

Kali ini aku dikasih kesempatan nih sama Clozette ID buat nyobain nih resto di daerah Senopati, Jaksel. Namanya Gastromaquia. Resto ini menyajikan makanan khas Spanyol. Selama 3 tahun berturut-turut, Gastromaquia mendapatkan seritifikat keunggulan Tripadvisor membuat Gastromaquia berada diantara 50 restoran terbaik.

Loh, resto makanan Spanyol apa hubungannya sama Ramadhan? Apakah karena telenovela akan semakin sering ditayangkan saat bulan Ramadhan? eh btw telenovela itu dari spanyol apa mexico sih? aduh pengetahuan saya sempit.

Hubungannya adalah: lau lau semua bisa bukber disini karena selain tempatnya tjakeup, instagramable, menunya unique, mereka juga punya menu baru special Ramadhan.

Nah kalau kalian datangnya ramean, kalian harus cobain deh menu special Ramadhan Gastromaquia yang namanya Yu Shang. Menu ini disajikan untuk minimal 4 orang, jadi modelannya kayak nasi tumpeng gitu lah.

ramadhan-gastromaquia
Yu Shang menu - 85k/pax
Yu Shang terdiri dari nasi, ikan teri, tempe orek, telur dadar, kentang balado, oseng tahu & kacang panjang, ayam/ikan goreng (boleh pilih), tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat. Disajikan di atas tampah beralaskan daun pisang. 

Awalnya aku pikir tumis bawang, cabai, dan tomat itu adalah sambel cocolan. Jadi kita ambil nasi dan lauknya masing-masing seperti penyajian tumpeng pada umumnya dan ambil sambal sesuai selera. Ternyata saya salah, teman-teman. Cara penyajiannya semua pertumisan tadi di aduk dengan lauk-lauknya. Yang ngaduk? waitress nya, bukan saya.

ramadhan-gastromaquiaramadhan-gastromaquia

"Kayak liwetan yha" - kata mas pacar.

Yup, memang konsepnya Yu Shang ini adalah kebersamaan. Lebih nikmat karena semua bisa merasakan lauknya. Karena ini seharusnya buat 3 orang sedangkan aku cuma berdua, ini banyak banget. Memang harusnya dimakan beramaian biar lebih enak.

Untuk kalian yang kurang bisa makan makanan pedas (kayak aku), mungkin bisa dikurangi sambelnya. Aku lumayan shocked soalnya waktu sambelnya di masukin semua, aku bengong dan sudah terlambat untuk berucap wkwk. Rasanya enak kok, aku cuma bermasalah sama pedasnya karena ya balik lagi ke selera, aku nggak bisa makan pedas. Tapi kalau kalian suka makanan pedas, kalian pasti suka menu Yu Shang ini. 


ramadhan-gastromaquia
Seafood egg yolk with rice - 95k

Menu Ramadhan lain yang aku cobain adalah Seafood egg yolk with rice alias nasi seafood telur asin. Makanan yang ber-telur asin memang lagi hits ya akhir-akhir ini. Seafood yang digunakan juga masih segar. Kok bisa tau? Ya karena seafood yang segar dagingnya itu ada rasa agak manisnya

Hidangan ini menggunakan udang, cumi, ikan, yang digoreng tepung dan berbumbu telur asin. Bumbu telur asinnya bukan yang disiram di atas seafood tepungnya, melainkan telur asinnya itu udah bercampur sama tepungnya. Meskipun begitu, rasa telur asinnya masih terasa kok. Tapi buat aku yang suka banget asin, aku merasa ini asinnya kurang. .


ramadhan-gastromaquia
Ice Lychee Tea - 35k
Untuk minumannya, aku memesan minuman favoritku yaitu Ice Lychee Tea. Minuman ini seger banget apalagi setelah aku kepedesan makan Yu Shang. Kalau biasanya lychee tea itu lychee nya nyemplung di dalam dan aku selalu challenge buat makanin lychee nya, ini lycheenya ditusuk dan ditaroh di atas gitu. Memudahkan aku buat makananin lychee-nya. Es tehnya sendiri juga berasa lychee, cuma agak asam karena ada perasan jeruk nipisnya.

===
Gimana, kalian tertarik nggak buat bukber disini? Nanti kalau insta story, jangan lupa tag lokasinya ya!

Gastromaquia
Jalan Ciniru I/01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12180, Indonesia 
021-29305091
info@gastromaquia.com

Opening Hours : 
Sunday-Thursday : 11.00-22.00
Friday-Saturday : 11.30-00.00

You Might Also Like

0 comments

Subscribe