2nd Pregnancy: True Feeling

8:37 PM

 

Hai. Ini akan jadi post yang pure curhat, dan kutulis dengan sejujur-jujurnya.

Jadi, aku sekarang hamil (lagi). Jujur aja aku nggak expect kehamilan kedua ini. Memang, aku sembrono banget belum pasang KB sampai Kala (anakku) usia 1 tahun. Aku nggak bakal bikin alasan karena masih dipertimbangkan lah, masih takut, mens masih belum teratur... seharusnya aku langsung pasang KB setelah masa nifas. Titik.

Waktu tau aku hamil, aku langsung nangis. Bukan nangis bahagia ya, tapi nangis frustasi. Kala baru ulang tahun yang pertama seminggu yang lalu. Aku masih belum siap hamil lagi. Kasus covid lagi naik-naiknya, aku nggak tau kapan keadaan membaik dan aku harus hamil dalam kondisi seperti ini? 

Aku dan suami bener-bener frustasi berdua. Kalau lihat Kala lagi main-main, rasanya mau nangis terus. Kalau dia tidur, aku ciumin terus sambil minta maaf terpaksa jadi kakak padahal dia sendiri masih bayi.

Sempat ada pikiran buat gugurin aja, mungkin masih kecil banget belum berbentuk janin. Akhirnya aku cek ke dokter. Ternyata benar hamil, dan usia kandunganku sudah 9 minggu. Sudah ada janinnya, detak jantung, dan janin sehat. 

Begitu dari dokter kandungan, aku mellow. Sedih... Selama 9 minggu si adek tumbuh sendiri tanpa ada yang tau. Terus kami orang tuanya malah berpikir buat "menyingkirkan" dia. Aku merasa bersalah & bingung. Stress banget lah rasanya.

Setelah berkabar ke keluarga (ortu, mertua, ipar) alhamdulillah mereka semua supportive. Nggak ada yang mengecilkan hati kayak bilang "Kok udah hamil lagi?" kayak curhatan bunda-bunda di tiktok. Semua menyemangati pasti bisa, pasti dibantu, yang penting semuanya sehat.

Butuh waktu buat aku & suami buat menerima kehamilan kedua ini. Rasa bingung, takut, dan sedih kadang-kadang masih mampir di otak. Suami khawatir hal buruk terjadi sama aku. Karena jarak anak pertama dan kedua ini deket  banget, dan lahiran sebelumnya kan aku SC. Dia takut kehamilan ini beresiko tinggi. 

Tapi alhamdulillah sih di usia kandungan 15 minggu, aku mulai enjoy pregnancy. Karena kehamilan kedua ini nggak serewel yang pertama. Aku bisa makan banyak, aku nggak mabok, kebo aja gitu rasanya. Sepertinya si adek pengertian kalau ibunya ini super repot. Ya kerja, ya ngurusin kakaknya, ya ngurusin rumah juga meskipun ada ART.

First kick si adek di usia kehamilan 18 minggu. Beda sama kehamilan pertama yang aku excited banget waktu ngerasain terndangan pertama, di kehamilan kedua ini aku malah mellow. Aku berasa kayak diingetin "Hellooo ibu? Aku ada loooh" gitu.

Aku juga baru-baru ini kok ngajakin si adek di perut ngobrol. Lebih banyak ke berterimakasihnya dan minta maafnya sih... Terima kasih sudah pengertian. Dulu aku sampet merasa hamil yang pertama itu nggak enak banget sampe di taraf traumatis. Tapi di kehamilan kedua ini aku nggak mengalami hal-hal nggak mengenakkan kayak di kehamilan pertama. Smooth aja gitu.

Aku bersyukur banget punya temen-temen yang realistis dan supportive. Maksudku, mereka nggak sugar coating kalau punya anak usia berdekatan itu mudah. Mereka memberikan gambaran yang sejelas-jelasnya, jadi akupun sudah kebayang nanti gimana. Menurutku itu juga bentuk support sih.

Life never get easier, adanya juga kita yang semakin beradaptasi. 

Pesan dari curhatan ini adalah: segeralah pasang KB kalau belum siap punya anak lagi. Secepatnya! Besok kalo bisa!

You Might Also Like

1 comments

Subscribe